Oleh: drahani | Maret 5, 2008

Obesitas dan Permasalahannya

Obesitas adalah suatu kondisi kronik, penyakit kambuhan yang menyerang jutaan manusia di seluruh dunia. Walaupun bukan merupakan epidemik baru (seperti terlihat pada tabel di bawah), namun proporsinya terus meningkat. Kondisi ini hendaknya menjadi satu peringatan, mengingat tingginya resiko penyakit yang berkaitan dengan overweight dan obesitas.

Roche, secara luas telah dikenal sebagai salah satu perusahaan yang menjadi ‘leader’ dalam penelitian masalah obesitas ini dan telah memulainya dari pertengahan tahun 1970. Komitmen Roche terhadap penelitian dalam bidang metabolisme dan perkembangannya berakar pada pengenalan obesitas sebagai suatu penyakit kronik yang membutuhkan terapi jangka panjang. Sebagai bagian dari komitmen tersebut, Roche telah membentuk satu unit penelitian metabolik Nutley di tahun 1994. Penelitiannya itu sendiri terfokus untuk mengungkapkan hal-hal yang menjadi penyebab dasar obesitas pada tingkat melekuler. Kerja sama dengan ‘Millenium Pharmaceuticals Inc. telah menghasilkan isolasi dan identifikasi gen-gen penting yang dapat memberikan kontribusi terhadap masalah obesitas pada manusia.

Untuk menemukan suatu obat yang potensial bagi penatalaksanaan overweight dan obesitas, para peneliti Roche telah mengumpulkan berbagai macam jamur dan bakteri. Setelah mengalami penyaringan dari 1200 mikroorganisma yang diperoleh dari contoh tanah yang berasal dari Mallorca, Spanyol, akhirnya ditemukan suatu zat penghambat aktifitas enzim lipase saluran cerna. Zat ini dihasilkan dari Streptomyces toxytricini dan dikenal sebagai lipstatin. Setelah mengalami hidrogenasi parsial, maka didapatlah suatu sintesa lipstatin yang bersifat lebih stabil, yaitu tetrahidrolipstatin (orlistat, Xenical)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: