Oleh: drahani | Maret 5, 2008

Penanganan Penuaan Dini

Menjadi tua memang merupakan proses normal yang akan terjadi pada setiap manusia. Namun, apa yang terjadi jika penuaan datang lebih cepat dari waktunya? Atau, bisa dikatakan tampak tua sebelum waktunya atau yang populer dengan sebutan penuaan dini. Sebenarnya, jika menilik kembali pada faktor yang berperan dalam proses penuaan meliputi faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik dapat terjadi secara fisiologis, genetik, hormonal dan rasial. Meskipun demikian, sedapat mungkin proses penuaan dapat diperlambat atau dicegah agar tidak terjadi lebih dini dengan memperbaiki gaya hidup. Sedangkan faktor ekstrinsik penyebab penuaan dini antara lain adalah radikal bebas dan radiasi sinar UV. Sumber radikal bebas antara lain adalah radiasi sinar UV matahari pada pukul 09.00 – 16.00, polusi, sisa – sisa pembakaran dan lain-lain.

Gejala dan tanda penuaan dini dapat terjadi di semua organ tubuh manusia termasuk pada kulit. Gejala-gejala tersebut dapat dimulai pada usia 25 – 35 tahunan. Tanda-tanda penuaan yang dapat terlihat pada kulit antara lain kerut, sagging, hiperpigmentasi dan age spot dan lain-lain. Untuk mengatasi masalah tersebut, terutama kaum wanita akan menggunakan berbagai kosmetika dan teknologi perawatan kulit yang sedang trend di masyarakat. Tetapi ternyata semua usaha tersebut seringkali tidak cukup untuk menunda datangnya si penuaan dini.

Aging, a Big Chalenge in Medicine, nampaknya benar-benar menjadi tantangan bagi dunia industri kosmetika untuk melahirkan berbagai inovasi guna mengatasi masalah penuaan. Perlu dikoreksi kembali apakah kosmetika dan teknologi tersebut aman dan tepat guna? Kosmetika yang digunakan untuk mengatasi masalah kulit menua sebaiknya mengandung zat-zat farmakologis aktif. Bentuk baru dari perkembangan kosmetika untuk mencegah penuaan dini pada kulit adalah cosmeceutical anti aging. Di mana, cosmeceutical anti aging tersebut harus mengandung zat-zat farmakologis aktif yang bermanfaat untuk peremajaan kulit yang memenuhi syarat-syarat fisika, kimia dan medis yang aman dan telah melalui uji evidence based.

Lalu bagaimanakah cara menanggulangi masalah kulit menua baik dini maupun alami? Ikuti perawatan umum kulit menua berikut ini :

1. Pembersihan kulit, dengan sabun, cream cleanser, freshener yang pH- balanced 2. Pelembaban kulit khusus yang mengandung Liposome (Pembawa air ke dalam kulit), AHA 2%-5%, Chamomile extract, lipo amino acid, zat-zat aktif seperti ekstrak thymus & glikoprotein, vitamin C & E 3. Pelembaban kulit : untuk mencegah menguapnya air kulit ( dehidrasi ) dengan moisturizer 4. Perlindungan kulit terhadap matahari, dengan suncare cream (NON PABA) 5. Pengampelasan kulit (peeling), dengan scrub cream

Di samping itu, kosmetika perawatan untuk mengatasi penuaan (anti aging) juga sebaiknya mengandung zat-zat seperti :

a. Adanya antioksidan yang melindugi kulit dari radikal bebas b. Adanya liposome loaded thymus extract,moisturizer untuk memperbaiki elastisitas kulit c. Kandungan AHA yang dapat membantu pelepasan sel kulit mati dan d. merangsang pembentukan sel baru e. Mengandung anti inflamasi dan anti iritasi bagi kulit yang sensitive f. Disesuaikan dengan jenis kulit dan alam tropis Indonesia

Untuk mendapatkan kulit lebih sehat di samping dengan perawatan kulit diperlukan juga perbaikan gaya hidup, diantaranya, mengontrol stres, pengaturan diet dan nutrisi, olahraga secara tepat dan teratur serta mengkonsumsi suplemen antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, zinc, Serenium dan beta caroten.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: