Oleh: drahani | Maret 5, 2008

Penyakit Saat Kehamilan

Cukup dengan memperhatikan postur dan olah tubuh yang baik, Anda bisa terbebas dari penyakit-penyakit ini.

 · SAKIT PUNGGUNG

Sakit punggung selama kehamilan sangatlah wajar. Hal ini disebabkan tingginya tingkat hormon progesteron Anda yang membuat persendian tulang pelvic menjadi lembut dan meregang untuk persiapan persalinan.

Fit dengan menghindari mengangkat benda-benda berat. Selain itu, pertahankan postur tubuh dengan posisi punggung tegak selama duduk dan berjalan. Pijatan dan kasur yang padat juga dapat membantu mengurangi sakit punggung.

· KRAM

Banyak perempuan mengalami kram di kaki pada akhir masa kehamilan. Kram ini biasanya terjadi pada malam hari. Hal ini disebabkan sirkulasi darah yang tidak lancar, ditambah lagi dengan beban yang berat yang harus ditumpu oleh kaki Anda yang mungil.

Fit dengan memakai sepatu yang nyaman, memijat kaki, dan mengayun-ayun kaki tiap beberapa saat. Ketika harus berdiri untuk waktu yang lama, pastikan Anda berdiri tegak dan menumpukan berat badan pada tumit. Hindari berdiri dengan posisi telapak kaki berjinjit. Sebelum tidur, putar dan tekuk engkel Anda selama 10-20 kali untuk menghindari kram di malam hari.

· PUSING

Perubahan hormon dan peningkatan suplai darah ke rahim dapat membuat tekanan darah Anda turun dan dapat membuat Anda pusing dan lemas. Cuaca yang panas dapat memperparah masalah ini.

Fit dengan tidak berdiri diam untuk waktu yang lama. Jangan membuat gerakan mendadak terutama setelah mandi air panas. Jika Anda merasa tidak fit, lakukan aktivitas Anda dengan gerakan yang lambat. Ketika pandangan mulai berkunang-kunang, segera duduk atau rebahan dalam posisi miring.

· NAPAS PENDEK

Janin Anda yang semakin besar bisa mempersempit ruang antara dada dan perut sehingga Anda sulit mengambil napas panjang dan menyimpan cadangan oksigen yang cukup.

Fit dengan selalu duduk pada posisi tegak. Agar punggung Anda tidak pegal, gunakan bantal untuk menyangga jarak antara sandaran kursi dan punggung bawah Anda. Jaga agar bahu Anda sejajar dengan pinggul. Tegakkan pula pandangan Anda. Usahakan dagu Anda tegak lurus dengan tubuh. Jika Anda harus mengetik, sesuaikan tingginya monitor komputer dengan mata Anda.

· HEARTBURN

Heartburn adalah reaksi dari naiknya aliran asam lambung ke kerongkongan yang menimbulkan efek seperti sensasi ingin muntah. Heartburn kerap ditandai nyeri pada lambung, panas seperti ditusuk-tusuk, kadang mual dan muntah. Rasa tidak nyaman ini terjadi karena katup antara perut dan kerongkongan tak dapat mencegah asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Fit dengan tidak berbaring dalam kurun waktu satu jam setelah makan. Jika Anda merasakan tusukan ini, ubah posisi duduk menjadi tegak. Rasa sakit memang membuat Anda cenderung meringkuk, tetapi posisi ini malah akan menambah sesak dan mual. Pejamkan mata dan tarik nafas dalam. Bila lambung terasa nyeri, bantu dengan minum susu hangat.

· BENGKAK

Pembengkakan karena air, yang disebut juga dengan oedema, disebabkan oleh peningkatan volume darah selama kehamilan. Peningkatan volume darah ini menambah tekanan pada sistem limfa. Tekanan ini membuat cairan terakumulasi dalam jaringan-jaringan tubuh terutama pada kaki, wajah, dan tangan.

Fit dengan menghindari berdiri untuk waktu yang lama. Jangan duduk dengan menyilangkan kaki. Letakkan kaki Anda pada dudukan atau bantal pada saat Anda duduk santai atau tidur. Ringankan kerja ginjal Anda dengan minum minimal delapan gelas perhari dan usahakan posisi tidur Anda miring ke kiri. Berolahraga dan aktif bergerak akan membantu.

· INSOMNIA

Kadang masalah tidur Anda lebih disebabkan oleh perut Anda yang semakin besar sehingga sulit bagi Anda untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman. Selain itu, janin Anda yang aktif menendang di malam hari dan frekuensi buang air kecil yang makin sering membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak.

Fit dengan Posisi tidur terbaik bagi ibu hamil adalah miring dan lebih baik lagi menghadap ke kiri. Pakai guling di antara lutut dan tambahkan bantal empuk untuk mengganjal perut Anda. Mandi air hangat, olah raga ringan, dan pijatan sebelum tidur juga bisa membantu.

· VARISES

Peningkatan tekanan dan volume darah dapat membuat sistem pompa darah Anda tertekan dan dapat menyebabkan gumpalan darah yang membentuk varises. Varises biasanya muncul pada betis.

Fit dengan menghindari berdiri terlalu lama dan tidak duduk dengan menyilangkan kaki. Putar-putar engkel dan tekuk jari-jari kaki Anda sesekali agar sirkulasi darah di kaki tetap berjalan. Gunakan sepatu hak datar dan legging pendek untuk mensuport kaki Anda.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: