Oleh: drahani | Maret 5, 2008

Pilkada Kota Bogor

Dalam waktu dekat ini Kota Bogor akan disibukkan dengan pesta demokrasi, yitu Pilkada Gubernur dan Walikota. Sebagai warga Negara yang baik, kita sudah seharusnya berpartisipasi untuk mensukseskan even politik tersebut. Karena selain menentukan seorang pemimpin, Pilkada merupakan suatu upaya pembangunan kesadaran demokrasi di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Berikut saya akan mengupas sedikit tentang demokrasi di Indonesia, sebagai suatu wujud aktivitas politik masyarakat dalam menentukan masa depan bangsa. Demokrasi di Indonesia pada dasarnya merupakan suatu demokrasi Pancasila yang mengedepankan nilai-nilai sosialis-religius. Dimana semangat kesetaraan dan kebersamaan kental. Tetapi yang justru menjadi tanda tanya besar adalah, kenapa dalam proses implementasinya justru lebih cenderung mengarah kepada demokrasi liberal yang mengedepankan sistem voting dan oposisi. 

Hal ini tentunya sangat bertentangan dengan konsep dasar demokrasi Pancasila yang lebih cenderung bersifat musyawarah dan kebersamaan. Pelaksanaan demokrasi di Indonesia yang masih rancu ini tentunya dapat di maklumi. Karena karena demokrasi yang diterapkan merupakan demokrasi ala barat bukan demokrasi Pancasila yang sesungguhnya,.

Sedangkan dalam konteks pemilihan Presiden, Gubernur, dan Walikota/Bupati sebagai suatu implementasi kehidupan demokrasi. Masyarakat sudah seharusnya lebih proporsional dan objektif dalam memilih seorang pemimpin. Karena pilihan tersebut, akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat di daerah ataupun nasional. Satu hal yang harus menjadi perhatian dalam menentukan pemimpin di suatu daerah ataupun nasional, adalah dengan memberikan kepercayaan kepada seorang pemimpin yang amanah, yaitu seorang pemimpin yang bertanggung jawab terhadap pemegang kekuasaan yang mutlak atas kelangsungan NKRI yaitu kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagaimana tercantum dalam Pancasila. Karena apabila seorang pemimpin sudah memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa terhadap kepemimpinan yang diamanahkan kepadanya, tentunya hal itu akan berimplikasi positif terhadap kepemimpinan dan manajemen yang diterapkan dalam mengelola pemerintahan.

Partai politik sebagai salah satu kendaraan terhadap kepemimpinan nasional ataupun daerah, sudah seharusnya mengusung calon pemimpin yang amanah dan dapat memilih dengan tepat para calon pemimpin tentunya yang memiliki kredibilitas, aceptibilitas dan acountibilitas terhadap substansi dasar kepemimpinan yaitu bertanggun jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: