Oleh: drahani | Maret 5, 2008

Potensi Ekonomi Syariah Sangat Besar

Potensi Ekonomi Syariah sangat besar di Indonesia. Hal itu dilihat dari 220 juta penduduk Indonesia, dimana 90 persen penduduknya beragama Islam.

Demikian dikatakan Direktur Asuransi Syariah Mubarakah Parmin S. Wijono AAAIJ, AIIS didampingi Agency Director Arman Fajri dan Agency Manager Imran Lubis pada acara Ta’aruf PT Asuransi Syariah Mubarakah dengan BMT dan Pinbuk di Aula IPMD Medan.

Wijono mengatakan walaupun ekonomi syariah sangat besar potensinya di Indonesia, namun belum diberdayakan dengan baik.

“Market share untuk asuransi syariah itu tidak lebih dari satu persen, begitu juga perbankan lembaga keuangan hanya dua persen,” ujarnya.

Menurut Parmin, penyebab sangat kecilnya market share itu karena realitanya masih banyak masyarakat kita yang belum memahami ekonomi syariah sehingga masih banyak memilih bermuamalah dengan bank konvensional.

Selain itu, menurut catatan PNM (Permodalan Nasional Madani), hampir 90 persen sistemnya tidak murni Syariah, hanya dibuat ekuivalen.

“Ini yang akan mencederai konsep yang benar dan akan menodai perjuangan syariah itu, sehingga masyarakat kita akhirnya tidak teredukasi dan masyarakat tidak memahami sesuatu yang benar,” tegasnya.

Oleh karena itu, harus berjuang bersama, bagaimana masyarakat benar-benar memahami konsep syariah dan selaku praktisi memperjuangkan konsep yang benar, sehingga pertumbuhan ekonomi syariah akan semakin cepat mendapatkan pengakuan dari masyarakat, kata dia.

“Mari kita sama-sama berjihad dan berjuang mendakwahkan ekonomi syariah yang masih dalam wacana dan sulit untuk diperjuangkan. Karena dalam praktiknya masyarakat masih sangat berat meninggalkan konsep riba,” sebut Parmin.

Sebelumnya Direktur Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (Pinbuk) Perwakilan Sumut Subhan Chair mengatakan dilaksanakannya ta’aruf Pinbuk, BMT dan asuransi syariah untuk mencari dampak yang lebih luas dan signifikan untuk pengembangan usaha. Selain itu mencari peluang-peluang yang lebih besar, maksimal kerja sama untuk kesejahteraan anggota


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: