Oleh: drahani | Maret 5, 2008

Tiga Perusahaan Swasta Bangun PLTU di KIM

Tiga perusahaan nasional berinvestasi di sektor perlistrikan dan gas di PT Kawasan Industri Medan (KIM) memanfaatkan peluang kurangnya energi di daerah Sumut. “Investasinya pasti cukup besar. PLTU sendiri berkapasitas 2x 125 MW dan gas berkapasitas sekitar 18 mmscf,” kata Dirut KIM, Gandhi Tambunan, di Medan.

Investor PLTU itu adalah PT Bina Teknindo Nusantara dan untuk gas masing-masing PT Energasindo Eksa Karya dan PT Pertiwi Nusantara Indonesia yang ketiganya merupakan PMDN.

Untuk PLTU dari batubara diperkirakan rampung secara bertahap hingga tiga tahun ke depan dan gas ditargetkan rampung tahun ini juga

Dengan masuknya investasi pembangunan listrik dan gas di KIM, maka krisis listrik dan gas yang dihadapi industri khususnya yang beroperasi di KIM bisa diatasi, kata Gandhi yang mantan Kepala Badan Investasi dan Promosi Sumut.

Dia mengakui, selama ini, manajemen KIM mengalami kesulitan promosi dan penjualan lahan KIM akibat terbatasnya infrastruktur di Sumut khususnya listrik dan gas.

“Bagaimana mau menjual kawasan industri, kalau listrik dan gas tidak mencukupi. Dengan masuknya investasi listrik dan gas yang dilakukan tiga perusahaan itu, KIM dipastikan bisa lebih leluasa menjual kawasan yang berarti membawa investasi ke Sumut juga,” katanya.

Pengusaha industri sawit, Johan Brien, menyambut gembira rencana pembangunan PLTU dan gas di KIM karena perusahaannya termasuk perusahaan lain selama ini dirugikan dengan terjadinya krisis listrik dan gas.

Sebenarnya, kata dia, pengusaha sudah mencari solusi sendiri dengan memanfaatkan batubara, tapi akhirnya terbentur dengan limbah yang dihasilkan menyusul masih dikatagorikannya abu batubara itu dalam katagori limbah berbahaya (B3).

Sekarang saja, kata dia, 33 pabrik pengguna bahan bakar batubara itu kesulitan membuang ke mana limbahnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: