Oleh: drahani | Maret 10, 2008

Mari Berkemas Menghadapi Persalinan

Apa saja yang harus Anda siapkan untuk dibawa ke rumah sakit? Umumnya orang begitu kwatir menghadapi persalinan. Berikut ini M&B memberikan tips apa yang disiapkan dalam menghadapi persalinan.

Menjelang persalinan:

·         Kartu asuransi yang berhubungan dengan rumah sakit dan kesehatan Anda.

·         Pelembab bibir, agar bibir Anda tak kering akibat perubahan hormon selama hamil.

·         Baju tidur one-piece dan beberapa pasang kaus kaki. Sebenarnya rumah sakit menyiapkan baju tidur atau baju khusus bersalin untuk Anda, tapi Anda juga diperbolehkan untuk memakai baju Anda sendiri jika itu lebih nyaman bagi Anda. Baju tidur model one-piece akan lebih nyaman daripada model two-piece, karena akan memudahkan dokter atau para perawat untuk mengecek rahim Anda. Baju tanpa lengan juga dapat memudahkan proses pemeriksaan tekanan darah Anda. Sementara kaus kaki berguna agar menjaga kaki Anda tetap hangat di rumah sakit.

·         Botol berisi air minum. Pada saat persalinan, semua orang di dalam ruang persalinan seperti dokter dan perawat akan sibuk dan mungkin tidak dapat selalu membawakan air minum untuk Anda.

·         Siapkan tas berisi pakaian Anda lebih awal dari waktu yang diperkirakan. Jika ternyata Anda harus pergi ke rumah sakit lebih cepat, maka Anda tidak perlu repot-repot lagi mencari barang yang harus dibawa.

·         Celana berukuran besar. Jika Anda menjalani operasi caesar, celana berukuran besar akan membantu mengurangi rasa sakit karena tidak menekan tubuh Anda.

·         Buku harian, untuk menulis pengalaman paling menakjubkan Anda di saat-saat pertama bertemu si kecil.

·         Makanan berserat. Untuk mencegah konstipasi atau kesulitan buang air besar pasca melahirkan, sangat dianjurkan agar Anda membawa makanan berserat dari rumah.

·         Nomor-nomor telepon penting atau orang-orang terdekat, karena Anda pasti ingin segera memberi kabar gembira kelahiran si kecil kepada seluruh keluarga.

·         Semua yang dapat membantu Anda lebih relaks, seperti massage oil, lotion, atau bantal tambahan.

Pasca persalinan:

·         Snack. Setelah melewati beberapa jam persalinan yang melelahkan, Anda pasti sangat lapar dan tidak mungkin terus bergantung pada makanan yang disediakan rumah sakit. Untuk memanjakan diri, bawalah camilan favorit Anda.

·         Bra menyusui, breast pads dan maternity underwears, jika Anda kurang nyaman mengenakan pakaian yang disediakan rumah sakit. Yang pasti, pada hari pertama setelah persalinan, apa pun pakaian yang Anda kenakan, akan cepat kotor karena Anda sedang dalam masa nifas.

·         Baju ganti yang berukuran longgar namun tetap fashionable. Percaya atau tidak, hingga beberapa hari setelah melahirkan, Anda masih akan terlihat seperti hamil 4 bulan. Maka siapkanlah baju longgar yang nyaman Anda pakai, namun tetap stylish sehingga membuat pun Anda percaya diri.

Suami Juga Perlu Ini:

·         Peralatan mandi seperti sikat dan pasta gigi, sampo serta deodoran, karena kemungkinan besar suami akan menginap di rumah sakit bersama Anda. Rumah sakit biasanya menyediakan peralatan tersebut, tapi menggunakan peralatan milik pribadi tentu akan lebih nyaman.

·         Baju ganti, termasuk milik Anda.

·         Makanan kecil dan bacaan agar tidak bosan jika harus menunggu.

·         Kamera atau handycam, untuk merekam peristiwa besar yang akan terjadi. Namun ini sebaiknya ditanyakan dulu pada pihak rumah sakit, karena tidak semua rumah sakit mengizinkan keluarga pasien merekam proses persalinan yang sedang berlangsung.

Khusus untuk si kecil:

·         Car seat, agar bayi Anda tetap aman di dalam mobil.

·         Baju ganti untuk bayi.

·         Selimut atau kain bedong.

Kaus kaki dan sepatu dari bahan yang lembut, agar si kecil tidak kedinginan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: