Oleh: drahani | Maret 10, 2008

Unud Buka Program Magister Anti Penuaan Di Indonesia

Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali untuk pertama kalinya di Indonesia, bahkan kawasan Asia membuka program magister anti penuaan (Centre for Study of Anti Aging Medicine-CSAAM) yang secara resmi dibuka rektor Unud Prof Made Bakta di Denpasar Rabu (05/09).

Pembukaan program baru itu ditandai dengan penyerahan surat keputusan rektor Unud kepada pioner anti aging medicine dr Robert M. Goidman MD PhD dari Amerika Serikat dan Dr Michael Klentze MD PhD asal Jerman.

Kedua tenaga ahli itu diangkat sebagai visiting profesor dan visiting Associate profesor anti aging medicine FK Unud, yang sebelumnya masing-masing menyampaikan orasi ilmiah.

Menurut Ketua Program Studi Magister Anti-Aging Medicine FK Unud Prof Dr dr Wimpie Pangkhahila SPAnd FAACS, kuliah untuk program magister anti penuaan segera akan dimulai.

Untuk tahap pertama tercatat sebelas mahasiswa untuk mengikuti proses belajar mengejar pada program magister anti penuaan yang masih tergolong baru di Tanah air.

Kepeloporan Unud sebagai pusat studi kedokteran anti penuaan telah dirintis sejak dua tahun lalu yang menunjukkan kesungguhan dan keseriusan mengembangkan bidang studi baru di bidang kedokteran,

Kondisi itu berbeda halnya dengan negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa yang sejak lama telah menunjukkan perannya sangat besar dalam meningkatkan taraf kesehatan dan umur harapan hidup masyarakat.

“Indonesia sebagai bangsa yang tidak ingin tertinggal bertekad untuk mengembangkan Pusat Studi Kedokteran Anti Penuaan agar kualitas hidup dan usia harapan hidup bisa lebih baik sejajar dengan negara-negara maju,” harap Wimpie.

Program magister anti penuaan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana diharapkan akan menambah daya tarik bagi mahasiswa mancanegara untuk mengikuti proses belajar mengajar di perguruan tinggi satu-satunya di Bali itu.

“Jika pusat studi baru itu berkembang, dua-tiga tahun mendatang tidak mustahil dokter-dokter dari mancanegara akan memperdalam disiplin ilmunya di Bali,” ujar Dekan FK Unud, Prof dr Dewa Putu Widjana menambahkan.

Rintisan Pusat Studi Kedokteran Anti Penuaan yang mendapat dukungan penuh dari Akademi Pengobatan Anti Penuaan di Amerika (American Academy of Anti Aging Medicine-A4M) merupakan satu-satunya di kawasan Asia.

Salah satu dari sepuluh pusat studi di lingkungan FK Unud itu dirintis setelah melihat peluang banyaknya dokter yang berminat untuk mendalami ilmu kedokteran anti penuaan.

“Bali yang dikenal sebagai daerah tujuan wisata, orang asing tentu ingin mengunjunginya dan kesempatan itu sekaligus digunakan untuk memperdalam ilmunya” ujar Dewa Widjana.

Ia menambahkan, keyakinannya itu didasarkan atas sejumlah klinik yang dikelola pusat studi kedokteran FK Unud selama ini banyak menerima mahasiswa-mahasiswa asing untuk memperdalam ilmunya selama tiga hingga empat bulan.

Para mahasiswa itu ketika ditanya alasan memilih Unud sebagai tempat belajar menurut Dewa Widjana, karena ingin memperdalam ilmu sambil berliburan di Pulau Dewata.

“Kita harus pandai-pandai mengkemas bidang studi untuk menarik perhatian masyarakat internasional kuliah di sini, di samping mendukung pariwisata Bali,” ujar Dewa Wijana.

Ia menjelaskan, anti aging medicine yang baru dikembangkan merupakan sub specialis ilmu kedokteran yang menilai kesehatan dan kebugaran secara menyeluruh, holistik dan integratif.

Anti-aging medicine dalam melakukan tindakan terapi atau pengobatan tidak sekedar bertujuan menghilangkan gejala yang timbul dari kondisi sakit, namun juga mentargetkan sumber dan akar masalah penyebab kondisi sakit tersebut.

Anti-aging medicine adalah evidence-based, segala tindakan pengobatan dan rekomendasi dilakukan berdasarkan hasil riset dan uji klinis yang telah terbukti keampuhannya serta dukungan literatur yang dapat dipertanggung jawabkan.

Adanya kerja sama FK Unud dengan A4M akan memberikan manfaat bagi pengembangan teknologi maupun penyusunan kurikulum bagi pengembangan Pusat Studi Kedokteran Anti Penuaan di Bali


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: