Oleh: drahani | Maret 17, 2008

TOM PKS Godok Kandidat Bupati Bogor

BOGOR (Antara): Tim optimalisasi musyawarah (TOM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Jawa Barat (Jabar) saat ini sedang membahas dua dari empat nama kader yang terjaring dalam TOM PKS Kota Bogor, yakni Achmad Ru`yat (Wakil Ketua DPRD Jawa Barat) dan Syumanjaya (anggota MPP DPP PKS), sebagai bakal calon untuk diusung dalam Pilkada. “Saya dapat informasi, dua nama kader itu sedang dibahas oleh TOM PKS provinsi. Tapi, mana yang akan dicalonkan dalam Pilkada, saya belum tahu.

Apakah Pilkada Provinsi Jawa Barat, Pilkada Kota Bogor, atau Pilkada Kabupaten Bogor. Ini merupakan kewenangan PKS Provinsi,” kata Ketua Fraksi PKS Kota Bogor, Yusuf Dardiri, di Bogor, Selasa. Sedangkan, dua nama lainnya yang terjaring dalam TOM PKS Kota Bogor adalah, Yocie Gusman (Ketua DPD PKS Kota Bogor) dan Iwan Suryawan (Wakil Ketua DPRD Kota Bogor). Kemungkinannya, kata dia, jika Achmad Ru`yat dicalonkan dalam Pilkada Provinsi maka Syumanjaya dicalonkan dalam Pilkada Kota Bogor, atau sebaliknya.

Menurut dia, dalam pembahasan di TOM Provinsi, tidak hanya membahas soal calon gubernur atau calon walikota/bupati, tapi termasuk kemungkinan siapa wakilnya. Berdasarkan UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, kepala daerah dan wakil kepala daerah adalah paket pasangan yang sama-sama memiliki peran strategis, sehingga wakil kepala daerah juga memiliki otoritas besar. “Karena itu, PKS sangat selektif memilih calon wakil kepala daerah yang akan dipasangkan dengan kader PKS,” kata Ketua Komisi C DPRD Kota Bogor ini.

Menurut dia, berdasarkan hasil musyawarah daerah (Musda) PKS Kota Bogor, pasangan calon walikota-wakil walikota, bukan didasarkan pada komposisi birokrat-non birokrat, tapi pada penekanan fungsi dan peranan pasangan tersebut. “Pasangan yang akan diusung harus mewakili karakter pemimpin yang kuat, tegas, berjiwa wira-usaha, dan fleksibel,” katanya. Pasangan itu, tidak harus berlatarbelakang pengusaha, tapi diharapkan bisa mewujudkan Kota Bogor yang mandiri dan lebih berkembang. “Dari semua kriteria yang diinginkan, sudah ada dari empat nama maupun dua nama yang disampaikan oleh TOM PKS Kota Bogor pada TOM PKS Jawa Barat,” katanya.

Setelah TOM PKS Jabar melakukan kajian, kata dia, nantinya TOM PKS Kota Bogor dan TOM PKS Jabar akan melakukan analisis SWOT bersama untuk menentukan calon walikota dan calon wakil walikota. “TOM PKS Kota Bogor menyerahkan keputusan ini pada TOM PKS Jabar, siapapun yang akan diputuskan sebagai pasangan calon walikota dan wakil walikota,” tambahnya. Soal anggapan bahwa wakil kepala daerah tidak berperan dan hanya menghadiri acara seremonial saja, menurutnya, tidak sepenuhnya benar.

Kondisi itu, sangat tergantung dari komitmen antara kepala daerah dan wakil kepala daerah. “Tapi, dalam UU No. 32 tahun 2004, pembagian tugasnya sudah diatur, sehingga kepala daerah dan wakilnya punya tugas masing-masing,” katanya. Soal nama calon yang terjaring oleh TOM PKS Kota Bogor dari birokrat dan independen, menurut Yusuf Dardiri, pihaknya belum dapat informasi apakah sudah dibahas atau belum.

Sebelumnya, TOM PKS Kota Bogor menyampaikan hasil nama-nama figur yang terjaring, baik dari birokrat maupun dari independen. Calon walikota yang berasal dari birokrat adalah Diani Budiarto (walikota Bogor saat ini) dan Dody Rosadi (sekretaris daerah) serta yang berasal dari independen adalah Dr Hasyim (ilmuwan IPB) dan Syafei Brata Sanjaya (pengusaha).

Sedangkan calon Wakil Walikota Bogor dari birokrat meliputi, Bambang Gunawan, Syaiful Anwar, Indra M Rusli, Edgar Suratman, Yamin M Saleh, dan Iwan Ruswandi. Calon yang berasal dari Ormas adalah Fachruddin Sukarno (KMB) dan Erick Suganda (KNPI) serta berasal dari independen adalah Ridwan Ibrahim (pengusaha).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: